Pengenalan OwnCloud

OwnCloud


     Owncloud merupakan sebuah prusahhan dengan proyek yaitu Owncloudprojek . Cloud, Your Data, Your Way!. OwnCloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas bebas dan gratis seperti DropBox, menyediakan perangkat yang baik , mempunyai tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk berbagi dan mengakses data secara lancar terintergrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuanya mengamankan, melacak dan melaporkan pengguna data.

Owncloud menempatkan kontrol kepada pengguna teknologi informasi itu sendiri dan menawarkan penyedia layanan,pusat dan bagian transmisi yang berfungsi  untuk menyediakan solusi singkronisasi dan berbagi bagi pengguna. Owncloud memberikan akses terhadap berkas-berkas secara universal dengan menggunakan antarmuka jaringan atau webdav.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/OwnCloud.

     OwnCloud bisa menjadi solusi yang bagus jika di implementasikan pada sebuah kampus, karena data kampus yang begitu banyak bisa lebih di managemen dengan baik dan teratur. Dan bahkan setiap mahasiswa akan memiliki stroge pribadi yang dapat digunakan untuk menyimpan berkas aktifitas kuliahnya di cloud pribadi yang dimiliki kampus tersebut.
Penerapan seperti ini sangat efisien menurut saya karena dapat dimanfaatkan untuk mengelola dan mengsinkromisasikan buku alamat (Address), daftar jadwal, gambar, berkas-berkas Office, Video dan Audio yang disimpan di server lokal maupun di tempat hosting. Yah bisa di bilang data center kecil yang berguna dalam memanagent file file dokumen milik kampus tersebut. Tidak hanya secara internal Aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemrogaraman PHP-5 ini, diklaim mampu melakukan sinkronisasi lebih cepat dan dengan mudah dapat disambungkan ke layanan Cloud eksternal seperti, Dropbox maupun Google Drive.

     Untuk menjalankan nya tersedia berbagai macam operating system, dan pada umumnya lebih sering di jalan kan dengan menggunakan Linux, baik itu Ubuntu server bahkan distro distro linux lain nya. Dan untuk client juga bisa di integrasinya dengan mobile android, dengan demikian data yang ada pada server yang telah di jalankan Owncloud bisa di akses kapan pun dan dimana pun. Bayang kan bagaimana mudahnya dalam memanagement data jika OwnCloud ini di terapkan di kampus. Pasti akan menjadi solusi yang sangat efisien dalam memanagent file file kampus tersebut.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment