Gip Kalkulator IP Address

Gip Kalkulator IP Address


       Jika kalkulator biasa digunakan untuk keperluan perhitungan matematis, aplikasi Gip IP Address Calculator dipergunakan untuk keperluan menghitung kebutuhan alamat IP untuk suatu jaringan komputer tertentu. Alamat IP yang dipergunakan adalah IPv4.

       Dalam membangun jaringan komputer, pemberian alamat IP pada komputer yang ada di dalam jaringan tersebut seringkali tidaklah semudah yang diduga. Apalagi angka-angka yang ada pada alamat IP sebenarnya berasal dari angka biner. Gip IP Address Calculator sangat membantu administrator dalam menghitung kebutuhan alamat IP suatu jaringan yang sedang dibangunnya.

      Gip IP Address Calculator dapat melakukan perhitungan IP dalam tiga mode. Yang pertama adalah IPv4 Address Analyzer. Pada bagian ini seorang administrator dapat memasukkan input berupa alamat IP serta network mask atau prefix length-nya. Output yang ditampilkan adalah jangkauan alamat IP yang tersedia, jumlah host, jumlah subnet, alamat network, dan alamat broadcast. Sebagian informasi tersebut tersedia bukan hanya dalam bentuk angka desimal, melainkan juga biner dan heksadesimal.

      Mode kedua adalah IPv4 Range to Prefix Converter. Mode ini digunakan untuk menghitung prefix dan subnet mask dari suatu jangkauan alamat IP tertentu. Sementara mode ketiga adalah IPv4 Subnet Calculator. Mode ini digunakan untuk menghitung subnet yang tersedia dengan memasukkan jangkauan alamat IP dan prefix length.

Cara menginstal Gip kalkulator IP Address :
Masuk ke terminal > su > masukkan password > ketikan perintah #apt-get install gip (enter)


Tunggu sampai terinstal. Lihat gambar dibawah ini :


Kemudian buka aplikasi gipnya > dengan perintah #gip (enter)


Untuk menggunakannya di bagian Input Ip address isi ip address desimal anda kemudian lihat dibagian Output akan keluar bilangan Biner dari Ip address desimal yang tadi saya isi, lihat gambar dibawah ini.




Sumber :  http://tataufiku.blogspot.com/2015/08/gip-kalkulator-ip-address.html 

 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment