Pengenalan TCP/IP

Pengenalan TCP/IP

       TCP/IP atau Transmission Control Protocol and Internet Protocol
adalah sebuah aturan standar yang digunakan untuk komunikasi antar berbagai jenis komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan komputer. Aturan ini ditetapkan oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) yang dikembangkan pada akhir tahun 1970-an. Kenapa harus ada aturan standar seperti ini ? Menurut pendapat saya, bila diibaratkan dalam dunia manusia, TCP/IP itu adalah sebuah bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi antar manusia. Misalnya saja ada orang Indonesia yang
bertemu dengan orang Jepang dan orang Rusia. Jika mereka bertiga bertemu tetapi berkomunikasi dengan bahasa mereka masing-masing tentunya mereka bertiga tidak akan mengerti satu sama lain bukan ? Oleh karena itu mereka bertiga harus berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Internasional seperti yang telah ditetapkan agar mereka bisa saling mengerti. Sama halnya dengan komputer.
      Komputer dibuat oleh berbagai macam vendor perangkat keras yang berbeda-beda di seluruh dunia. Komputer-
komputer tersebut juga memiliki caranya sendiri-sendiri untuk saling berkomunikasi. Nah disinilah protokol TCP/IP berperan sehingga komputer-komputer yang ada diseluruh dunia dapat berkomunikasi seperti saat ini. Di dunia Internet pun protokol TCP/IP selalu digunakan, sehingga protokol ini sangat terkenal.

Secara umum, komponen dari TCP/IP adalah sebagai berikut :

•IP address
      IP address merupakan sebuah kombinasi unik yang dituliskan dalam angka desimal yangdibagi dalam empat segmen. Tiap-tiap segmen tersebut mewakili 8 bit dari alamat yang memiliki panjang 32 bit untuk keseluruhannya. Fungsi dari IP address sendiri merupakan identifikasi setiap host pada jaringan.
•Netmask
      Netmask atau Subnet Mask berfungsi menunjukkan berapa pembagian panjang bit nework dengan bit host untuk mengetahui berapa jumlah host yang dapat terkoneksi didalam sebuah network. Misalnya untuk kategori alamat IP kelas C dengan netmask 255.255.255.0, maka penentuannya adalah 24 bit pertama adalah bit network dan 8 bit sisanya adalah bit host.
•Network Address
       Sebuah host tidak pernah berdiri sendiri namun memerlukan host lain dan bergabung membentuk sebuah Network. Alamat Network yang terbentuk inilah yang disebut sebagai Network Address. Network address didapat dengan membuat seluruh bit host menjadi 0. Misalnya ip address 192.168.1.1 dengan alamat IP kelas C, maka Network Addressnya adalah 192.168.1.0.
• Broadcast Address
      Broadcast Address adalah alamat dimana agar semua host yang berada di dalam sebuah network dapat dikirimkan data secara simultan. Gunanya agar apabila ada sebuah host yang ingin mengirimkan data ke seluruh host yang ada di suatu jaringan tertentu, maka host tersebut tidak perlu membuat replika datagram sebanyak jumlah host tujuan karena halsecamam ini akan meningkatkan pemakaian bandwidth dan beban kerja host pengirim. Jadi
host pengirim cukup mengirimkan data ke alamat broadcast saja maka secaraotomatis seluruh host yang ada di satu network tersebut akan menerimanya. Broadcast Address didapat dengan membuat bit host menjadi 1 (kebalikan dari Network Address), jadi misalnya IP addressnya adalah 192.168.1.1, maka Broadcast Addressnya adalah 192.168.1.255.
•Gateway Address
     Gateway adalah alamat IP yang menghubungkan sebuah jaringan dengan jaringan yang lain.Jadi apabila sebuah host ingin berkomunikasi dengan host lain dalam sebuah jaringan yang berbeda, maka host tersebut harus melewati Gateway Address terlebih dahulu untuk mencapai host yang satunya.
•Nameserver Address
     Nameserver Address adalah IP milik sebuah server Domain Name Service (DNS) yang bertujuan untuk menerjemahkan sebuah domain menjadi IP address maupun sebaliknya. Sampai sini saya harapkan setidaknya kalian sudah mulai sedikit mengerti dasar-dasar mengenai jaringan komputer. Dari sejarah jaringan, jenis-jenis jaringan seperti apa, perangkat-perangkat jaringan yang digunakan itu seperti apa, hingga TCP/IP.

TCP termasuk dalam OSI Layer ke 4 yaitu Transport dan IP terdapat di OSI    layer ke 3 yaitu Network.


Reza Saputra

Prinsip kerja TCP :
  • Connection Oriented
        koneksi di awal dengan proses
  • Reliable Transmission
        mampu melakukan pengurutan paket data ,setiap byte data di tandai
        dengan nomor yang unik
  • Error Detectiton
        jika terjadi eror ,bisa dilakukan pengiriman ulang
  • Flow Control
        mendeteksi supaya 1 host tidak mengirimkan data ke host yang lain tidak
        terlalu cepat
  • Segmen Size Control
        Mendeteksi besaran MSS (maximum segment
        size) yang bisa dikirimkan supaya tidak terjadi IP fragmantion

  • Congestion Control
        TCP menggunakan beberapa mekanisme untuk
        mencegah terjadinya congestion pada network

Previous
Next Post »
Thanks for your comment