Mengenali IP Address, Subnetting dan Mac Address

Mengenali IP Address, Subnetting
dan Mac Address


IP Addres

     Sebelum mengenal  Subnetting, anda harus tau terlebih dahulu tentang IP Address. Apa itu IP Address? IP Addres merupakan suatu bilangan yang terdiri dari 32 bit yang terbagi menjadi 4 segmen yang masing-masing segmennya berjumlah 8bit. Bilangan IP Addres dimulai dari 0-254.
a. IP Addres terdiri dari :
    network ID
    host ID       
b. Karakteristik kelas
kelas A > bit pertama dimulai dari angka 0-127
kelas A > terdiri dari 8bit untuk Network ID dan 24 untiuk Host ID
kelas B > bit pertama dimulai dari angka 128-191
kelas B > terdiri dari 16bit untuk Network ID dan 16 untiuk Host ID
kelas C >  bit pertama dimulai dari angka 192-223
kelas C > terdiri dari 8bit untuk Network ID dan 24 untiuk Host ID

Subnetting

        Subnetting merupakan suatu cara untuk membagi Network ID yang kita punyai menjadi beberapa subnetwork, sehingga menjadi lebih banyak tetapi subnetting akan mengurangi jumlah maksimum host yang ada dalam tiap network tersebut. Subnetting dapat dilakukan pada IP addres kelas A, IP Address kelas B dan IP Address kelas C.
Dibawah ini merupakan tabel subnetting:

a. Tujuan Subnetting
    Ada beberapa tujuan mengapa kita perlu melakukan Subnetting, yaitu sebagai berikut :

  • Agar aloksi IP Address efisien dalam sebuah jaringan supaya bisa memaksimalkan penggunaan IP Address
  • Mengatasi masalah perbedaan hardware dan media fisik yang digunakan daam suatu network, karena Router IP hanya dapat mengintegrasikan berbagai network dengan media fisik yang berbeda jika setiap network memiliki address network yang unik.
  • Meningkatkan security/keamanan dan mengurangi terjadinya kongesti akibat terlalu banyaknya host dalam suatu network.
b. Rumus Umum Menghitung Subnetting :
Jumlah Subnet                       = 2 pangkat 32 - /
Jumlah Host Per Subnet        = (2 pangkat 32 - /) - 2

Berikut tabel IP Subnetting




MAC Address 

(Media Access Control Address) adalah, sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

MAC Address mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, dalam sebuah jaringan berbasis teknologi Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer tujuan (destination). Beberapa perangkat, seperti halnya bridge dan switch Layer-2 akan melihat pada informasi MAC address dari komputer sumber dari setiap frame yang ia terima dan menggunakan informasi MAC address ini untuk membuat "tabel routing" internal secara dinamis. Perangkat-perangkat tersebut pun kemudian menggunakan tabel yang baru dibuat itu untuk meneruskan frame yang ia terima ke sebuah port atau segmen jaringan tertentu di mana komputer atau node yang memiliki MAC address tujuan berada.
Dalam sebuah komputer, MAC address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (network interface card/NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan.

Sumber : Wikipedia
Previous
Next Post »
Thanks for your comment