Cara Membuat Virtual Machine di PROXMOX

Cara Membuat VM (Virtual Machine) di PROXMOX

Mesin virtual atau mesin maya (Inggris: virtual machine, disingkat vm) dalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli. 
Mesin virtual terdiri dari dua kategori besar, dipisahkan menurut cara penggunaan dan tingkat keterhubungannya dengan mesin-mesin aslinya. Sebuah mesin virtual system adalah perangkat yang berupa platform sistem yang lengkap dan dapat menjalankan sebuah sistem operasi yang lengkap. Sebaliknya, mesin virtual proses didesain untuk menjalankan sebuah program komputer tertentu (tunggal), yang berarti mesin virtual ini mendukung proses tertentu juga. 

Oke tidak usah lama lama kali ini saya akan membuat virtual machine di proxmox :

1. Pertama buka proxmox dengan mengetik pada bar pengisian URL, sebelumnya pastikan PC/laptop terhubung pada satu jaringan.
https://192.168.14.2:8006/ kemudian login dengan username default “root” dan password proxmox. Pada kolomRealmpilih “Linux PAM Standart Authentication

2. Setelah itu kita tinggalkan dahulu Proxmox nya, lalu buka mikrotik anda menggunakan winbox --> Buka menu Interface lalu klik logo “+” dan pilih VLAN
Akan muncul dialog New Interface ,

Konfigurasinya :


Nama : misal nikmah (dapat diubah sesuai keinginan pengguna)

VLAN ID : 111 (dapat diubah sesuai keinginan pengguna)

Interface : Pilih yang terhubung ke Server Proxmox --> misal ether2 (server)


2. Lalu klik IP --> Address --> + , kemudian isikan IP address untuk VLAN (nikmah)
contoh : 192.168.5.1/29

Interfaces : (pilih interfaces nikmah/ nama vlan anda). Kemudian klik Apply --> OK

3. Buka IP --> Firewall --> PILIH NAT --> +
pada src address diisi dengan IP network VLAN

Contoh : 192.168.5.0/29 --> benar

         192.168.5.1/29 --> salah



4. Kemudian pindah ke tab Action --> Pilih masquerade


5. Masuk lagi ke proxmox kemudian klik Create VM
VM ID : 111 (isikan sama dengan VLAN ID)

Name  : nikmah (Isi sesuai suara hati) --> kemudian klik next
 6. Berpindah ke tab OS. Pada bagian ini kita akan memilih OS Linux 3.X/2.6 Kernel (126) --> lalu klik next


7. Pada tab CD/DVD kita akan memilih file ISO yang akan kita gunakan untuk proses instalasi. Pada kolom ISO Image pilih ISO Debian 8 yang telah kita upload ke server proxmox. 



9. Muncul pada bagian ini, tab Hard Disk kita akan mengatur berapa besar hardisk yang akan kita gunakan pada Virtual Machine yang akan kita buat. Sesuaikan sesuai kebutuhan.


10. Pada tab CPU, ,jumlah Core atur 1 saja. Semisal jika Processor pada komputer proxmox adalah Quad Core,maka dalam processor tersebut terdapat 4 core, maka dalam hal ini kita bisa membuat 4 virtual machine.



11. Beralih ke tab Memory, sama pada tab CPU ,pada tab Memory ini kita akan membagi RAM. Jika Kita membuat 4 Virtual Machine, maka kita akan membagi Ram menjadi 4,dan dalam hal ini sangat disarankan  komputer harus memiliki kapasitas RAM 4 Gb.




12. Kemudian pada tab Network VLAN Tag sama dengan VLAN ID yang sudah kita seting di mikrotik.


13. Pada tab Confirm pilih --> finish. Virtual Machine telah selesai dibuat dan siap digunakan untuk menginstal Debian 8.
Mohon maaf jika kurang jelas karena saya juga baru belajar.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment