EKONOMETRIKA

    


        Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh :) 

    Perkenalkan saya Nikmah Ayu Tanjung Sari NPM 2018020113 dari Manajemen A3 Universitas Islam Batik Surakarta. Kali ini saya melakukan penelitian mengenai Manajemen Pemasaran dengan study kasus konsumen pengguna layanan Go-Ride. Penelitian ini dilakukan untuk memenuhi nilai tugas mata kuliah Ekonometrika pada Semester 6.

1.    Judul Penelitian

Judul penelitian : Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Loyalitas terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Pengguna Layanan Go-Ride di Kota Surakarta)  

 

2.    Teknik Pengumpulan Data

Dalam penelitian ini saya menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Penulis menggunakan Google Formulir untuk mendapatkan jawaban responden. Skala yang dipakai dalam penyusunan kuesioner adalah skala ordinal atau sering disebut skala likert, yaitu skala yang berisi lima tingkat preferensi jawaban.

Dalam penelitian ini saya mengunakan pengukuran dengan skala likert yang menggunakan 5 skala, yaitu :

Sangat Setuju (SS) = 5

Setuju (S) = 4

Netral (N) = 3

Tidak Setuju (TS) = 2

Sangat Tidak Setuju (STS) = 1

 

3.    Variabel Penelitian

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah :

a.      Variabel Bebas (Independent Variable) 

Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi, yang menyebabkan timbulnya atau berubahnya variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Loyalitas.

b.     Variabel Terikat (Dependent Variable)

Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi karena adanya variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Kepuasan Konsumen.


  Tabel Indikator Variabel 

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Loyalitas terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Pengguna Layanan Go-Ride di Kota Surakarta)

No.

Variabel

Definisi

Sub Variabel

Indikator

1.

Kualitas Pelayanan

 

Kotler dan Armstrong (2008:272)

 

 

 

 

 

 

 

Kualitas produk adalah karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat.

 

Berwujud

(Tangible)

 

Penampilan pengendara Go-Ride dalam melayani terlihat rapi dan sesuai prosedur.

 

Kehandalan

(Reliability) dan Ketanggapan

(Responsiveness)

1.    Pengendara Go-Ride memberikan kenyamanan dalam berkendara.

2.    Pengendara Go-Ride disiplin dalam melakukan pelayanan.

3.    Pengendara menawarkan masker dan penutup kepala secara gratis.

4.    Pengendara dapat mengendarai kendaraan secara aman dan nyaman sesuai peraturan dan prosedur yang diterapkan.

 

Empati (Emphaty)

1.    Pengendara Go-Ride memiliki inisiatif yang baik dalam melayani konsumen.

2.     Pengendara Go-Ride merespon setiap konsumen yang ingin mendapatkan pelayanan.

3.    Pengendara Go-Ride melakukan pelayanan dengan tepat dan cepat.

4.    Pengendara Go-ride bersikap responsif terhadap keluhan konsumen.

 

Jaminan

(Assurance)

 

Pengendara Go-Ride memberikan jaminan tepat waktu dalam pelayanan.

 

2.

Citra Merek

 

Kotler dan Keller (2016:330)

 

Citra merek sebagai sifat ekstrinsik dari produk/jasa termasuk cara dimana merek mencoba untuk memnuhi kebutuhan psikologi atau sosial pelanggan.

 

Kekuatan (Strength)

1.    Go-ride adalah layanan jasa antar konsumen berbasis online dengan harga yang terjangkau.

2.    Go-ride memiliki layanan aplikasi yang menarik dan mudah dipahami.

3.    Go-ride memiliki tampilan fisik yang mudah dikenali.

4.    Go-ride menawarkan harga yang terjangkau untuk pembayaran elektronik.

5.    Go-ride mudah diucapkan.

6.    Go-ride mudah diingat.

 

Kesukaan

(Favorable)

 

Go-ride sesuai bagisaya yang ingin berpindah tempat ke tempat lain dengan cara yang praktis.

 

Keunikan

(Uniqueness)

1.    Warna hijau yang digunakan Go-Ride pada Gojek mudah dikenali.

2.    Jaket dan helm yang digunakan oleh pegendara Go-Ride mudah dikenali.

3.    Go-ride menawarkan sistem pembayaran secara elektronik dengan menggunakan media Go-pay yang lebih murah jika dibandingkan melakukan pembayaran secara tunai.

 

3.

Loyalitas

 

Dharmesta (1999:73)

yang dikutip oleh Setiono (2007)

Loyalitas adalah pembelian kembali karena komitmen untuk yakin terhadap merek atau perusahaan.

Melakukan

pembelian berulang

secara teratur

1.     Akan tetap setia meskipun harganya mengalami sedikit kenaikan.

2.     Akan kembali menggunakan layanan Go-Ride.

3.     Menjadikan Go-ride sebagai pilihan pertama dalam menggunakan jasa transportasi online.

 

Membeli antar lini

produk dan jasa

 

Tidak hanya menggunakn layanan Go-Ride saja tetapi menggunakan layanan lainnya yang ditawarkan Go-Jek.

 

Merekomendasikan

produk ke pihak lain

 

1.     Merekomendasikan layanan Go-ride kepada orang terdekat.

2.     Merekomendasikan layanan Go-Ride secara sukarela.

 

Menunjukkan

kekebalan daya tarik dari pesaing

Tidak terpengaruh oleh tawaran pesaing dan tetap setia menggunakan layanan Go-Ride.

 

4.

Kepuasan Konsumen

 

Kotler dan Keller (2009:138)

 

Secara umum, kepuasan (satisfaction) adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspektasi mereka.

Harga

 

Tarif untuk pelayanan Go-Ride sepadan dengan manfaat yang didapatkan.

 

Kualitas Layanan

1.      Pengendara Go-Ride mengerti apa yang konsumen inginkan.

2.      Pengendara Go-Ride mampu untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

3.      Konsumen sangat puas dengan pelayanan yang diberikan Go-Ride.

 

Emosional

 

1.    Bangga bisa memakai layanan Go-Ride.

2.      Merasa percaya diri jika memakai layanan Go-Ride.

 

Konveniensi

 

1.      Aplikasi Go-Ride mudah digunakan untuk semua kalangan.

2.      Kendaraan yang dimiliki pengendara Go-Ride nyaman digunakan.

3.      Go-Ride nyaman untuk digunakan.

4.      Go-Ride efisien untuk digunakan.


Berikut saya lampirkan link kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini : 

--->> Formulir Kuesioner


4.   
Teknik Pengolahan Data

a.     Uji Kualitas Data

Untuk menguji kevalidan dan reliabel pada setiap pertanyaan dalam kuesioner maka dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas.

Berikut saya lampirkan hasil kuesioner yang digunakan dalam mengolah data penelitian ini : --->> Rekapitulasi JawabanResponden


HASIL DESKRIPTIF RESPONDEN

Statistics

 

Gender

Usia

Pendidikan

N

Valid

36

36

36

Missing

10

10

10

 

Pengelompokan Responden Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender)

 

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

Male

7

15.2

19.4

19.4

Female

29

63.0

80.6

100.0

Total

36

78.3

100.0

 

Missing

System

10

21.7

 

 

Total

46

100.0

 

 

 

Pengelompokan Responden Berdasarkan Usia

 

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

< 20 Tahun

8

17.4

22.2

22.2

20 - 24 Tahun

25

54.3

69.4

91.7

25 - 29 Tahun

1

2.2

2.8

94.4

> 30 Tahun

2

4.3

5.6

100.0

Total

36

78.3

100.0

 

Missing

System

10

21.7

 

 

Total

46

100.0

 

 

  

Pengelompokan Responden Berdasarkan Pendidikan Terakhir

 

 

Frequency

Percent

Valid Percent

Cumulative Percent

Valid

SMA / SMK

26

56.5

72.2

72.2

D3

2

4.3

5.6

77.8

S1

8

17.4

22.2

100.0

Total

36

78.3

100.0

 

Missing

System

10

21.7

 

 

Total

46

100.0

 

 


Hasil Uji Validitas dan Reabilitas dari penelitian ini. 

HASIL UJI VALIDITAS

Variabel Kualitas Pelayanan (X1)

 

Item-Total Statistics

 

Scale Mean if Item Deleted

Scale Variance if Item Deleted

Corrected Item-Total Correlation

Cronbach's Alpha if Item Deleted

X1.1

36.17

17.914

.821

.895

X1.2

36.03

18.371

.699

.901

X1.3

36.08

18.536

.580

.907

X1.4

36.61

17.959

.367

.936

X1.5

36.06

17.311

.814

.893

X1.6

36.06

17.540

.840

.893

X1.7

36.03

18.828

.593

.906

X1.8

36.17

17.286

.804

.894

X1.9

36.17

17.743

.776

.896

X1.10

36.14

17.780

.809

.895

 Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) akan valid apabila r hitung > r tabel. Nilai r tabel nya adalah 0,374. Hal ini berarti bahwa r hitung dari X1.1 s/d X1.10 valid seluruhnya karena lebih besar dari r tabel. 


Variabel Citra Merek (X2)

Item-Total Statistics

 

Scale Mean if Item Deleted

Scale Variance if Item Deleted

Corrected Item-Total Correlation

Cronbach's Alpha if Item Deleted

X2.1

37.53

16.371

.606

.896

X2.2

37.31

16.275

.653

.893

X2.3

37.19

16.504

.741

.889

X2.4

37.50

16.029

.649

.893

X2.5

37.17

16.143

.730

.888

X2.6

37.22

16.006

.609

.897

X2.7

37.39

15.616

.813

.883

X2.8

37.33

17.029

.458

.906

X2.9

37.31

16.790

.599

.896

X2.10

37.31

15.818

.756

.886

 Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa variabel Citra Merek (X2) akan valid apabila r hitung > r tabel. Nilai r tabel nya adalah 0,374. Hal ini berarti bahwa r hitung dari X2.1 s/d X2.10 valid seluruhnya karena lebih besar dari r tabel. 

 

Variabel Loyalitas (X3)

Item-Total Statistics

 

Scale Mean if Item Deleted

Scale Variance if Item Deleted

Corrected Item-Total Correlation

Cronbach's Alpha if Item Deleted

X3.1

23.97

9.913

.716

.896

X3.2

23.67

10.743

.687

.897

X3.3

23.72

10.149

.783

.887

X3.4

23.44

12.140

.440

.919

X3.5

23.78

10.006

.897

.875

X3.6

23.81

10.218

.804

.885

X3.7

23.94

9.825

.750

.891

 Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa variabel Loyalitas (X3) akan valid apabila r hitung > r tabel. Nilai r tabel nya adalah 0,355. Hal ini berarti bahwa r hitung dari X3.1 s/d X3.7 valid seluruhnya karena lebih besar dari r tabel. 

 

Variabel Kepuasan Konsumen (Y)

Item-Total Statistics

 

Scale Mean if Item Deleted

Scale Variance if Item Deleted

Corrected Item-Total Correlation

Cronbach's Alpha if Item Deleted

Y1

36.31

21.418

.767

.937

Y2

36.25

21.336

.851

.933

Y3

36.22

22.749

.682

.941

Y4

36.25

20.993

.919

.930

Y5

36.31

20.790

.822

.934

Y6

36.33

21.029

.811

.935

Y7

36.14

23.152

.438

.953

Y8

36.31

20.847

.874

.932

Y9

36.17

21.629

.848

.934

Y10

36.22

22.006

.692

.940

  Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa variabel Kepuasan Konsumen (Y) akan valid apabila r hitung > r tabel. Nilai r tabel nya adalah 0,374. Hal ini berarti bahwa r hitung dari Y1 s/d Y10 valid seluruhnya karena lebih besar dari r tabel. 

 

HASIL UJI RELIABILITAS

Variabel Kualitas Pelayanan (X1)

Reliability Statistics

Cronbach's Alpha

N of Items

.911

10

Hasil Analisis Variabel X1 : Variabel Kualitas Pelayanan (X1) dinyatakan valid karena r hitung > r tabel 0,374. Dan juga reliabel karena cronbach's alpha > 0,60 ; 0,911 > 0,60.


Variabel Citra Merek (X2)

Reliability Statistics

Cronbach's Alpha

N of Items

.902

10

Hasil Analisis Variabel X2 : Variabel Citra Merek (X2) dinyatakan valid karena r hitung > r tabel 0,374. Dan juga reliabel karena cronbach's alpha > 0,60 ; 0,902 > 0,60.


Variabel Loyalitas (X3)

Reliability Statistics

Cronbach's Alpha

N of Items

.907

7

Hasil Analisis Variabel X3 : Variabel Loyalitas (X3) dinyatakan valid karena r hitung > r tabel 0,355. Dan juga reliabel karena cronbach's alpha > 0,60 ; 0,907 > 0,60.


Variabel Kepuasan Konsumen (Y)

Reliability Statistics

Cronbach's Alpha

N of Items

.943

10

Hasil Analisis Variabel Y : Variabel Kepuasan Konsumen (Y) dinyatakan valid karena r hitung > r tabel 0,374. Dan juga reliabel karena cronbach's alpha > 0,60 ; 0,943 > 0,60.


HASIL UJI REGRESI BERGANDA

·        Uji R square

  

Model Summary

Model

R

R Square

Adjusted R Square

Std. Error of the Estimate

1

.936a

.877

.865

1.889

a.      Predictors: (Constant), SUM_X3= Loyalitas, SUM_X2= Citra Merek,

SUM_X1= Kualitas Pelayanan

 

Dari tabel diatas menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,865 atau 86,5%. Ini menunjukkan bahwa variabel Kepuasan Konsumen dapat diterangkan oleh variabel Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Loyalitas adalah sebesar 86,5%. Sedangkan sisanya sebesar 0,135% atau 13,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

 Uji Signifikansi Simultan (Uji F)

 

ANOVAa

Model

Sum of Squares

df

Mean Square

F

Sig.

1

Regression

812.997

3

270.999

75.920

.000b

Residual

114.225

32

3.570

 

 

Total

927.222

35

 

 

 

a. Dependent Variable: SUM_Y= Kepuasan Konsumen

b. Predictors: (Constant), SUM_X3= Loyalitas, SUM_X2= Citra Merek, SUM_X1= Kualitas Pelayanan

 

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa nilai uji F hitung adalah 75.920 sedangkan nilai F tabel sebesar 2,90. Maka dapat diketahui nilai F hitung 136.424 > F tabel 2,90 dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Loyalitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen.

 

·        Uji Signifikansi Parsial (Uji t)

 

Coefficientsa

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized Coefficients

T

Sig.

B

Std. Error

Beta

1

(Constant)

-1.873

3.150

 

-.594

.556

SUM_X1= Kualitas Pelayanan

.397

.139

.361

2.862

.007

SUM_X2= Citra Merek

.233

.110

.413

3.119

.002

SUM_X3= Loyalitas

.590

.173

.439

3.414

.002

a.      Dependent Variable: SUM_Y= Kepuasan Konsumen

Berdasarkan pada tabel hasil Uji t di atas untuk mengetahui besarnya pengaruh masing-masing variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen adalah sebagai berikut :

1) Pengaruh Variabel Kualitas Pelayanan (SUM_X1) terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y)

Pada tabel diatas, nilai t hitung untuk Kualitas Pelayanan sebesar 2,862 sedangkan nilai t tabel sebesar 2,036. Maka dapat diketahui t hitung 2,862 > 2,036 dengan nilai signifikan 0,007 > 0,05 dan β (+) = 0,361. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (SUM_X1) tidak signifikan dan negatif terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y). Sehingga hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen ditolak.

 

2) Pengaruh Variabel Citra Merek (SUM_X2) Terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y)

Pada tabel diatas, nilai t hitung untuk Citra Merek sebesar 3,119 sedangkan nilai t tabel sebesar 2,036. Maka dapat diketahui t hitung 3,119 > 2,036 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05 dan β (+) = 0,413. Hal ini menunjukkan bahwa variable Citra Merek (SUM_X2) signifikan dan positif terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y). Sehingga hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen diterima.

 

3) Pengaruh Variabel Loyalitas (SUM_X3) Terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y)

Pada tabel diatas, nilai t hitung untuk Loyalitas sebesar 3,414 sedangkan nilai t tabel sebesar 2,036. Maka dapat diketahui t hitung 3,414 > 2,036 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05 dan β (+) = 0,439. Hal ini menunjukkan bahwa variable Loyalitas (SUM_X3) signifikan dan positif terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y). Sehingga hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh Loyalitas terhadap Kepuasan Konsumen diterima.

·        Interpretasi Analisis Uji Regresi Berganda

 

Coefficientsa

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized Coefficients

T

Sig.

B

Std. Error

Beta

1

(Constant)

-1.873

3.150

 

-.594

.556

SUM_X1= Kualitas Pelayanan

.397

.139

.361

2.862

.007

SUM_X2= Citra Merek

.233

.110

.203

2.119

.042

SUM_X3= Loyalitas

.590

.173

.439

3.414

.002

a.      Dependent Variable: SUM_Y= Kepuasan Konsumen

 

Dari tabel diatas dapat dirumuskan suatu persamaan regresi untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Loyalitas Terhadap Kepuasan Konsumen sebagai berikut :

 

Y = -1,189 + (-0,024)𝑥1 + 0,461𝑥2 + 0,583𝑥3

 

Pada persamaan regresi di atas menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (SUM_X1) berpengaruh negatif terhadap variabel Kepuasan Konsumen (SUM_Y). Sedangkan variabel Citra Merek (SUM_X2) dan Loyalitas (SUM_X3) secara bersama berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y). Hal ini berarti Go-Ride mempunyai Citra Merek yang baik dan Go-Ride mempunyai Loyalitas Konsumen / Konsumen mempunyai Kesetiaan terhadap Go-Ride sehingga berdampak baik terhadap meningkatnya Kepuasan Konsumen. Sebaliknya Go-Ride harus dapat mengatur strategi yang lebih baik untuk Kualitas Pelayanan agar dapat meningkatkan Kepuasan Konsumen Go-Ride.

 

UJI ASUMSI KLASIK

 

·        Uji Normalitas


        

One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test

 

Unstandardized Residual

N

36

Normal Parametersa,b

Mean

.0000000

Std. Deviation

1.80653547

Most Extreme Differences

Absolute

.170

Positive

.170

Negative

-.148

Test Statistic

.170

Asymp. Sig. (2-tailed)

.010c

a. Test distribution is Normal.

b. Calculated from data.

c. Lilliefors Significance Correction.

 

Interpretasi Analisis Uji Normalitas (Kolmogorov-Smirnov):

Dalam penelitian ini dilakukan uji statistik non-parametrik Kolmogorov-Smirnov. Dasar pengambilan keputusannya adalah jika nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau nilai signifikasi nya diatas 0,05 berarti data residual terdistribusi secara normal.

Berdasarkan Uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov dapat diketahui bahwa nilai unstandardized residual memiliki nilai signifikasi 0,010 yang berarti > 0,05, ini membuktikan bahwa data terdistribusi secara normal.

 

·        Uji Autokorelasi

 

Model Summaryb

Model

R

R Square

Adjusted R Square

Std. Error of the Estimate

Durbin-Watson

1

.936a

.877

.865

1.389

1.898

a. Predictors: (Constant), SUM_X3= Loyalitas, SUM_X2=Citra Merek, SUM_X1=Kualitas Pelayanan

b. Dependent Variable: SUM_Y = Kepuasan Konsumen

 

Dari tabel tersebut diketahui bahwa uji statistik yang diperoleh yaitu :

DW     = 1.898

dL       = 1,295

dU       = 1,653

(4-dL)  = 4-1,295 = 2,705

(4-dU) = 4-1,652 = 2,347

 Interpretasi Analisis Uji Autokorelasi:

Dari hasil perhitungan diatas diketahui bahwa nilai Durbin-Watson sebesar 1,898 terletak diantara dU dan (4-dU) yaitu sebesar 1,653 dan 2,347 ( dU < DW < 4-dU ) maka dapat disimpulkan bahwa dari model regresi yang digunakan dalam penelitian ini bebas dari gangguan autokorelasi jadi uji asumsi ini terpenuhi dan hipotesis nol diterima.

 

·        Uji Heterokedastisitas

 

Coefficientsa

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized Coefficients

t

Sig.

B

Std. Error

Beta

1

(Constant)

-2.032

2.125

 

-.956

.346

SUM_X1= Kualitas Pelayanan

-.030

.093

-.105

-.318

.753

SUM_X2= Citra Merek

.173

.074

.589

2.336

.026

SUM_X3= Loyalitas

-.101

.117

-.292

-.863

.394

a. Dependent Variable: Abs_ut

 

Interpretasi Analisis Uji Heterokedastisitas :

Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa nilai signifikansi untuk variabel Kualitas Pelayanan adalah sebesar 0,753, pada variabel Citra Merek sebesar 0,026, dan pada variabel Loyalitas sebesar 0,394. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pada model regresi yang digunakan dalam penelitian ini tidak ada masalah heteroskedastisitas atau dengan kata lain bebas heterokedastisitas.

 

·        Uji Multikolinearitas

Coefficientsa

Model

Unstandardized Coefficients

Standardized Coefficients

t

Sig.

B

Std. Error

Beta

1

(Constant)

-1.873

3.150

 

-.594

.556

SUM_X1= Kualitas Pelayanan

.397

.139

.361

2.862

.007

SUM_X2= Citra Merek

.233

.110

.203

2.119

.042

SUM_X3= Loyalitas

.590

.173

.439

3.414

.002

 

Coefficientsa

Model

Collinearity Statistics

Tolerance

VIF

1

(Constant)

 

 

SUM_X1= Kualitas Pelayanan

.242

4.131

SUM_X2= Citra Merek

.418

2.394

SUM_X3= Loyalitas

.233

4.299

a. Dependent Variable: SUM_Y= Kepuasan Konsumen

 

Interpretasi Analisis Uji Multikolinearitas :

Berdasarkan hasil uji Variance Inflation Factor (VIF) pada tabel diatas, tabel cofficients, masing-masing  variabel independen memiliki VIF ≤ 10 yaitu untuk variabel Kualitas Pelayanan adalah sebesar 4,131, variabel Citra Merek sebesar 2,394, dan untuk variabel Loyalitas sebesar 4,299. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi multikolinearitas sehingga dapat digunakan dalam penelitian ini.

 

·        Uji Korelasi

 

Correlations

 

SUM_Y

SUM_X1

SUM_X2

SUM_X3

SUM_Y= Kepuasan Konsumen

Pearson Correlation

1

.887**

.792**

.900**

Sig. (2-tailed)

 

.000

.000

.000

N

36

36

36

36

SUM_X1= Kualitas Pelayanan

Pearson Correlation

.887**

1

.729**

.860**

Sig. (2-tailed)

.000

 

.000

.000

N

36

36

36

36

SUM_X2= Citra Merek

Pearson Correlation

.792**

.729**

1

.742**

Sig. (2-tailed)

.000

.000

 

.000

N

36

36

36

36

SUM_X3= Loyalitas

Pearson Correlation

.900**

.860**

.742**

1

Sig. (2-tailed)

.000

.000

.000

 

N

36

36

36

36

**. Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed).

 

Interpretasi Analisis Uji Korelasi:

 

Dari tabel output di atas diketahui :

-  Hubungan antara Kualitas Pelayanan (SUM_X1) dengan Kepuasan Konsumen (SUM_Y) memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya terdapat korelasi yang signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.

 

-  Hubungan antara Citra Merek (SUM_X2) dengan Kepuasan Konsumen (SUM_Y) memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya terdapat korelasi yang signifikan antara variabel Citra Merek dan Kepuasan Konsumen.

 

-  Hubungan antara Loyalitas (SUM_X3) dengan Kepuasan Konsumen (SUM_Y) memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya terdapat korelasi yang signifikan antara variabel Loyalitas dan Kepuasan Konsumen.


Terimakasih. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. :)

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment