Perkenalkan saya Nikmah Ayu Tanjung Sari NPM 2018020113 dari Manajemen A3 Universitas Islam Batik Surakarta. Kali ini saya melakukan penelitian mengenai Manajemen Pemasaran dengan study kasus konsumen pengguna layanan Go-Ride.
Penelitian ini dilakukan untuk memenuhi nilai tugas mata kuliah Ekonometrika pada Semester 6.
1. Judul
Penelitian
Judul penelitian : Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Loyalitas terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Pengguna Layanan Go-Ride di Kota Surakarta)
2. Teknik
Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini saya menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Penulis menggunakan Google Formulir untuk mendapatkan jawaban responden. Skala yang dipakai dalam penyusunan kuesioner adalah skala ordinal atau sering disebut skala likert, yaitu skala yang berisi lima tingkat preferensi jawaban.
Dalam penelitian ini saya mengunakan pengukuran dengan skala likert yang menggunakan 5 skala, yaitu :
Sangat Setuju (SS) = 5
Setuju (S) = 4
Netral (N) = 3
Tidak Setuju (TS) = 2
Sangat Tidak Setuju (STS) = 1
3. Variabel
Penelitian
Variabel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah :
a.
Variabel Bebas (Independent Variable)
Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi, yang menyebabkan timbulnya atau berubahnya variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Loyalitas.
b.
Variabel Terikat (Dependent Variable)
Variabel terikat adalah variabel yang
dipengaruhi karena adanya variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian ini
adalah Kepuasan Konsumen.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Loyalitas terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Pengguna Layanan Go-Ride di Kota Surakarta)
No. |
Variabel |
Definisi |
Sub Variabel |
Indikator |
1. |
Kualitas
Pelayanan
Kotler
dan Armstrong (2008:272)
|
Kualitas
produk adalah karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada
kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat.
|
Berwujud (Tangible)
|
Penampilan
pengendara Go-Ride dalam melayani terlihat rapi dan sesuai prosedur.
|
Kehandalan (Reliability)
dan
Ketanggapan (Responsiveness) |
1. Pengendara Go-Ride memberikan kenyamanan dalam
berkendara. 2. Pengendara Go-Ride disiplin dalam melakukan
pelayanan. 3. Pengendara menawarkan masker dan penutup kepala
secara gratis. 4. Pengendara dapat mengendarai kendaraan secara aman
dan nyaman sesuai peraturan dan prosedur yang diterapkan.
|
|||
Empati
(Emphaty) |
1. Pengendara Go-Ride memiliki inisiatif yang baik
dalam melayani konsumen. 2. Pengendara Go-Ride merespon setiap konsumen yang
ingin mendapatkan pelayanan. 3. Pengendara Go-Ride melakukan pelayanan dengan tepat
dan cepat. 4. Pengendara Go-ride bersikap responsif terhadap
keluhan konsumen.
|
|||
Jaminan (Assurance)
|
Pengendara
Go-Ride memberikan jaminan tepat waktu dalam pelayanan.
|
|||
2. |
Citra
Merek
Kotler
dan Keller (2016:330)
|
Citra
merek sebagai sifat ekstrinsik dari produk/jasa termasuk cara dimana merek
mencoba untuk memnuhi kebutuhan psikologi atau sosial pelanggan.
|
Kekuatan
(Strength) |
1. Go-ride adalah layanan jasa antar konsumen berbasis
online dengan harga yang terjangkau. 2. Go-ride memiliki layanan aplikasi yang menarik dan
mudah dipahami. 3. Go-ride memiliki tampilan fisik yang mudah dikenali. 4. Go-ride menawarkan harga yang terjangkau untuk
pembayaran elektronik. 5. Go-ride mudah diucapkan. 6. Go-ride mudah diingat.
|
Kesukaan (Favorable)
|
Go-ride
sesuai bagisaya yang ingin berpindah tempat ke tempat lain dengan cara yang
praktis.
|
|||
Keunikan
(Uniqueness) |
1. Warna hijau yang digunakan Go-Ride pada Gojek mudah
dikenali. 2. Jaket dan helm yang digunakan oleh pegendara Go-Ride
mudah dikenali. 3. Go-ride menawarkan sistem pembayaran secara elektronik
dengan menggunakan media Go-pay yang lebih murah jika dibandingkan melakukan
pembayaran secara tunai.
|
|||
3. |
Loyalitas
Dharmesta
(1999:73) yang
dikutip oleh Setiono (2007) |
Loyalitas
adalah pembelian kembali karena komitmen untuk yakin terhadap merek atau
perusahaan. |
Melakukan
pembelian
berulang secara
teratur |
1.
Akan tetap setia meskipun harganya mengalami sedikit
kenaikan. 2.
Akan kembali menggunakan layanan Go-Ride. 3.
Menjadikan Go-ride sebagai pilihan pertama dalam
menggunakan jasa transportasi online.
|
Membeli
antar lini produk
dan jasa
|
Tidak
hanya menggunakn layanan Go-Ride saja tetapi menggunakan layanan lainnya yang
ditawarkan Go-Jek.
|
|||
Merekomendasikan
produk
ke pihak lain
|
1.
Merekomendasikan layanan Go-ride kepada orang
terdekat. 2.
Merekomendasikan layanan Go-Ride secara sukarela.
|
|||
Menunjukkan
kekebalan
daya tarik dari pesaing |
Tidak
terpengaruh oleh tawaran pesaing dan tetap setia menggunakan layanan Go-Ride.
|
|||
4. |
Kepuasan
Konsumen
Kotler
dan Keller (2009:138)
|
Secara
umum, kepuasan (satisfaction) adalah perasaan senang atau kecewa seseorang
yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (atau
hasil) terhadap ekspektasi mereka. |
Harga
|
Tarif
untuk pelayanan Go-Ride sepadan dengan manfaat yang didapatkan.
|
Kualitas
Layanan |
1. Pengendara Go-Ride mengerti apa yang konsumen
inginkan. 2. Pengendara Go-Ride mampu untuk memenuhi kebutuhan
konsumen. 3. Konsumen sangat puas dengan pelayanan yang diberikan
Go-Ride.
|
|||
Emosional
|
1. Bangga bisa memakai layanan Go-Ride. 2. Merasa percaya diri jika memakai layanan Go-Ride.
|
|||
Konveniensi
|
1. Aplikasi Go-Ride mudah digunakan untuk semua
kalangan. 2. Kendaraan yang dimiliki pengendara Go-Ride nyaman
digunakan. 3. Go-Ride nyaman untuk digunakan. 4. Go-Ride efisien untuk digunakan. |
Berikut saya lampirkan link kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini :
--->> Formulir Kuesioner
4. Teknik
Pengolahan Data
a. Uji
Kualitas Data
Untuk menguji kevalidan dan reliabel pada setiap pertanyaan dalam kuesioner maka dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas.
Berikut saya lampirkan hasil kuesioner yang digunakan dalam mengolah data penelitian ini : --->> Rekapitulasi JawabanResponden
HASIL DESKRIPTIF RESPONDEN
Statistics |
||||
|
Gender |
Usia |
Pendidikan |
|
N |
Valid |
36 |
36 |
36 |
Missing |
10 |
10 |
10 |
Pengelompokan Responden Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender)
|
|||||
|
Frequency |
Percent |
Valid Percent |
Cumulative Percent |
|
Valid |
Male |
7 |
15.2 |
19.4 |
19.4 |
Female |
29 |
63.0 |
80.6 |
100.0 |
|
Total |
36 |
78.3 |
100.0 |
|
|
Missing |
System |
10 |
21.7 |
|
|
Total |
46 |
100.0 |
|
|
Pengelompokan Responden Berdasarkan Usia
|
|||||
|
Frequency |
Percent |
Valid Percent |
Cumulative Percent |
|
Valid |
< 20 Tahun |
8 |
17.4 |
22.2 |
22.2 |
20 - 24 Tahun |
25 |
54.3 |
69.4 |
91.7 |
|
25 - 29 Tahun |
1 |
2.2 |
2.8 |
94.4 |
|
> 30 Tahun |
2 |
4.3 |
5.6 |
100.0 |
|
Total |
36 |
78.3 |
100.0 |
|
|
Missing |
System |
10 |
21.7 |
|
|
Total |
46 |
100.0 |
|
|
Pengelompokan Responden Berdasarkan Pendidikan Terakhir
|
|||||
|
Frequency |
Percent |
Valid Percent |
Cumulative Percent |
|
Valid |
SMA / SMK |
26 |
56.5 |
72.2 |
72.2 |
D3 |
2 |
4.3 |
5.6 |
77.8 |
|
S1 |
8 |
17.4 |
22.2 |
100.0 |
|
Total |
36 |
78.3 |
100.0 |
|
|
Missing |
System |
10 |
21.7 |
|
|
Total |
46 |
100.0 |
|
|
Hasil Uji Validitas dan Reabilitas dari penelitian ini.
HASIL UJI VALIDITAS
Variabel Kualitas Pelayanan (X1)
Item-Total Statistics |
||||
|
Scale Mean if Item Deleted |
Scale Variance if Item Deleted |
Corrected Item-Total Correlation |
Cronbach's Alpha if Item Deleted |
X1.1 |
36.17 |
17.914 |
.821 |
.895 |
X1.2 |
36.03 |
18.371 |
.699 |
.901 |
X1.3 |
36.08 |
18.536 |
.580 |
.907 |
X1.4 |
36.61 |
17.959 |
.367 |
.936 |
X1.5 |
36.06 |
17.311 |
.814 |
.893 |
X1.6 |
36.06 |
17.540 |
.840 |
.893 |
X1.7 |
36.03 |
18.828 |
.593 |
.906 |
X1.8 |
36.17 |
17.286 |
.804 |
.894 |
X1.9 |
36.17 |
17.743 |
.776 |
.896 |
X1.10 |
36.14 |
17.780 |
.809 |
.895 |
Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) akan valid apabila r hitung > r tabel. Nilai r tabel nya adalah 0,374. Hal ini berarti bahwa r hitung dari X1.1 s/d X1.10 valid seluruhnya karena lebih besar dari r tabel.
Variabel Citra Merek (X2)
Item-Total Statistics |
||||
|
Scale Mean if Item Deleted |
Scale Variance if Item Deleted |
Corrected Item-Total Correlation |
Cronbach's Alpha if Item Deleted |
X2.1 |
37.53 |
16.371 |
.606 |
.896 |
X2.2 |
37.31 |
16.275 |
.653 |
.893 |
X2.3 |
37.19 |
16.504 |
.741 |
.889 |
X2.4 |
37.50 |
16.029 |
.649 |
.893 |
X2.5 |
37.17 |
16.143 |
.730 |
.888 |
X2.6 |
37.22 |
16.006 |
.609 |
.897 |
X2.7 |
37.39 |
15.616 |
.813 |
.883 |
X2.8 |
37.33 |
17.029 |
.458 |
.906 |
X2.9 |
37.31 |
16.790 |
.599 |
.896 |
X2.10 |
37.31 |
15.818 |
.756 |
.886 |
Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa variabel Citra Merek (X2) akan valid apabila r hitung > r tabel. Nilai r tabel nya adalah 0,374. Hal ini berarti bahwa r hitung dari X2.1 s/d X2.10 valid seluruhnya karena lebih besar dari r tabel.
Variabel Loyalitas (X3)
Item-Total Statistics |
||||
|
Scale Mean if Item Deleted |
Scale Variance if Item Deleted |
Corrected Item-Total Correlation |
Cronbach's Alpha if Item Deleted |
X3.1 |
23.97 |
9.913 |
.716 |
.896 |
X3.2 |
23.67 |
10.743 |
.687 |
.897 |
X3.3 |
23.72 |
10.149 |
.783 |
.887 |
X3.4 |
23.44 |
12.140 |
.440 |
.919 |
X3.5 |
23.78 |
10.006 |
.897 |
.875 |
X3.6 |
23.81 |
10.218 |
.804 |
.885 |
X3.7 |
23.94 |
9.825 |
.750 |
.891 |
Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa variabel Loyalitas (X3) akan valid apabila r hitung > r tabel. Nilai r tabel nya adalah 0,355. Hal ini berarti bahwa r hitung dari X3.1 s/d X3.7 valid seluruhnya karena lebih besar dari r tabel.
Variabel Kepuasan Konsumen (Y)
Item-Total Statistics |
||||
|
Scale Mean if Item Deleted |
Scale Variance if Item Deleted |
Corrected Item-Total Correlation |
Cronbach's Alpha if Item Deleted |
Y1 |
36.31 |
21.418 |
.767 |
.937 |
Y2 |
36.25 |
21.336 |
.851 |
.933 |
Y3 |
36.22 |
22.749 |
.682 |
.941 |
Y4 |
36.25 |
20.993 |
.919 |
.930 |
Y5 |
36.31 |
20.790 |
.822 |
.934 |
Y6 |
36.33 |
21.029 |
.811 |
.935 |
Y7 |
36.14 |
23.152 |
.438 |
.953 |
Y8 |
36.31 |
20.847 |
.874 |
.932 |
Y9 |
36.17 |
21.629 |
.848 |
.934 |
Y10 |
36.22 |
22.006 |
.692 |
.940 |
Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa variabel Kepuasan Konsumen (Y) akan valid apabila r hitung > r tabel. Nilai r tabel nya adalah 0,374. Hal ini berarti bahwa r hitung dari Y1 s/d Y10 valid seluruhnya karena lebih besar dari r tabel.
HASIL UJI RELIABILITAS
Variabel Kualitas Pelayanan (X1)
Reliability Statistics |
|
Cronbach's Alpha |
N of Items |
.911 |
10 |
Hasil
Analisis Variabel X1 : Variabel Kualitas Pelayanan (X1) dinyatakan valid karena
r hitung > r tabel 0,374. Dan juga reliabel karena cronbach's alpha >
0,60 ; 0,911 > 0,60.
Variabel Citra Merek (X2)
Reliability Statistics |
|
Cronbach's Alpha |
N of Items |
.902 |
10 |
Hasil
Analisis Variabel X2 : Variabel Citra Merek (X2) dinyatakan valid karena r
hitung > r tabel 0,374. Dan juga reliabel karena cronbach's alpha > 0,60 ;
0,902 > 0,60.
Variabel Loyalitas (X3)
Reliability Statistics |
|
Cronbach's Alpha |
N of Items |
.907 |
7 |
Hasil
Analisis Variabel X3 : Variabel Loyalitas (X3) dinyatakan valid karena r hitung
> r tabel 0,355. Dan juga reliabel karena cronbach's alpha > 0,60 ; 0,907
> 0,60.
Variabel Kepuasan Konsumen (Y)
Reliability Statistics |
|
Cronbach's Alpha |
N of Items |
.943 |
10 |
Hasil Analisis Variabel Y : Variabel Kepuasan Konsumen (Y) dinyatakan valid karena r hitung > r tabel 0,374. Dan juga reliabel karena cronbach's alpha > 0,60 ; 0,943 > 0,60.
HASIL UJI REGRESI BERGANDA
· Uji R square
Model Summary |
||||
Model |
R |
R Square |
Adjusted R Square |
Std. Error of the Estimate |
1 |
.936a |
.877 |
.865 |
1.889 |
a. Predictors: (Constant), SUM_X3= Loyalitas, SUM_X2= Citra Merek,
SUM_X1= Kualitas Pelayanan
Dari
tabel diatas menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,865 atau 86,5%. Ini
menunjukkan bahwa variabel Kepuasan Konsumen dapat diterangkan oleh variabel Kualitas
Pelayanan, Citra Merek, dan Loyalitas adalah sebesar 86,5%. Sedangkan sisanya
sebesar 0,135% atau 13,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Uji Signifikansi Simultan (Uji F)
Model |
Sum of Squares |
df |
Mean Square |
F |
Sig. |
|
1 |
Regression |
812.997 |
3 |
270.999 |
75.920 |
.000b |
Residual |
114.225 |
32 |
3.570 |
|
|
|
Total |
927.222 |
35 |
|
|
|
|
a. Dependent
Variable: SUM_Y= Kepuasan Konsumen |
||||||
b.
Predictors: (Constant), SUM_X3= Loyalitas, SUM_X2= Citra Merek, SUM_X1= Kualitas
Pelayanan |
Dari
tabel diatas dapat dilihat bahwa nilai uji F hitung adalah 75.920 sedangkan
nilai F tabel sebesar 2,90. Maka dapat diketahui nilai F hitung 136.424 > F
tabel 2,90 dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Loyalitas secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen.
·
Uji Signifikansi Parsial (Uji t)
Coefficientsa |
||||||
Model |
Unstandardized Coefficients |
Standardized Coefficients |
T |
Sig. |
||
B |
Std. Error |
Beta |
||||
1 |
(Constant) |
-1.873 |
3.150 |
|
-.594 |
.556 |
SUM_X1=
Kualitas Pelayanan |
.397 |
.139 |
.361 |
2.862 |
.007 |
|
SUM_X2=
Citra Merek |
.233 |
.110 |
.413 |
3.119 |
.002 |
|
SUM_X3=
Loyalitas |
.590 |
.173 |
.439 |
3.414 |
.002 |
a. Dependent Variable: SUM_Y= Kepuasan Konsumen
Berdasarkan pada tabel hasil Uji t di atas untuk mengetahui besarnya pengaruh masing-masing variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen adalah sebagai berikut :
1) Pengaruh Variabel Kualitas Pelayanan (SUM_X1) terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y)
Pada tabel diatas, nilai t hitung untuk Kualitas
Pelayanan sebesar 2,862 sedangkan nilai t tabel sebesar 2,036. Maka dapat
diketahui t hitung 2,862 > 2,036 dengan nilai signifikan 0,007 > 0,05 dan
β (+) = 0,361. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (SUM_X1)
tidak signifikan dan negatif terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y). Sehingga
hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan
Konsumen ditolak.
2) Pengaruh Variabel Citra Merek (SUM_X2) Terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y)
Pada tabel diatas, nilai t hitung untuk Citra Merek
sebesar 3,119 sedangkan nilai t tabel sebesar 2,036. Maka dapat diketahui t
hitung 3,119 > 2,036 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05 dan β (+) =
0,413. Hal ini menunjukkan bahwa variable Citra Merek (SUM_X2) signifikan dan
positif terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y). Sehingga hipotesis yang berbunyi
terdapat pengaruh Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen diterima.
3) Pengaruh Variabel Loyalitas (SUM_X3) Terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y)
Pada tabel diatas, nilai t hitung untuk Loyalitas sebesar
3,414 sedangkan nilai t tabel sebesar 2,036. Maka dapat diketahui t hitung 3,414
> 2,036 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05 dan β (+) = 0,439. Hal ini
menunjukkan bahwa variable Loyalitas (SUM_X3) signifikan dan positif terhadap Kepuasan
Konsumen (SUM_Y). Sehingga hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh Loyalitas
terhadap Kepuasan Konsumen diterima.
·
Interpretasi Analisis
Uji Regresi Berganda
Model |
Unstandardized
Coefficients |
Standardized
Coefficients |
T |
Sig. |
||
B |
Std. Error |
Beta |
||||
1 |
(Constant) |
-1.873 |
3.150 |
|
-.594 |
.556 |
SUM_X1= Kualitas Pelayanan |
.397 |
.139 |
.361 |
2.862 |
.007 |
|
SUM_X2= Citra Merek |
.233 |
.110 |
.203 |
2.119 |
.042 |
|
SUM_X3= Loyalitas |
.590 |
.173 |
.439 |
3.414 |
.002 |
a.
Dependent Variable: SUM_Y= Kepuasan Konsumen
Dari
tabel diatas dapat dirumuskan suatu persamaan regresi untuk mengetahui Pengaruh
Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Loyalitas Terhadap Kepuasan Konsumen
sebagai berikut :
Y =
-1,189 + (-0,024)𝑥1 +
0,461𝑥2 +
0,583𝑥3
Pada
persamaan regresi di atas menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (SUM_X1)
berpengaruh negatif terhadap variabel Kepuasan Konsumen (SUM_Y). Sedangkan
variabel Citra Merek (SUM_X2) dan Loyalitas (SUM_X3) secara bersama berpengaruh
positif terhadap Kepuasan Konsumen (SUM_Y). Hal ini berarti Go-Ride mempunyai Citra
Merek yang baik dan Go-Ride mempunyai Loyalitas Konsumen / Konsumen mempunyai Kesetiaan
terhadap Go-Ride sehingga berdampak baik terhadap meningkatnya Kepuasan
Konsumen. Sebaliknya Go-Ride harus dapat mengatur strategi yang lebih baik
untuk Kualitas Pelayanan agar dapat meningkatkan Kepuasan Konsumen Go-Ride.
UJI ASUMSI KLASIK
·
Uji Normalitas
One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test
Unstandardized Residual
N
36
Normal Parametersa,b
Mean
.0000000
Std. Deviation
1.80653547
Most Extreme Differences
Absolute
.170
Positive
.170
Negative
-.148
Test Statistic
.170
Asymp. Sig. (2-tailed)
.010c
a. Test distribution is Normal.
b. Calculated from data.
c. Lilliefors Significance Correction.
Interpretasi Analisis Uji
Normalitas (Kolmogorov-Smirnov):
Dalam
penelitian ini dilakukan uji statistik non-parametrik Kolmogorov-Smirnov. Dasar
pengambilan keputusannya adalah jika nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau nilai
signifikasi nya diatas 0,05 berarti data residual terdistribusi secara normal.
Berdasarkan
Uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov dapat diketahui bahwa nilai unstandardized
residual memiliki nilai signifikasi 0,010 yang berarti > 0,05, ini
membuktikan bahwa data terdistribusi secara normal.
·
Uji Autokorelasi
Model Summaryb |
|||||
Model |
R |
R Square |
Adjusted R Square |
Std. Error of the Estimate |
Durbin-Watson |
1 |
.936a |
.877 |
.865 |
1.389 |
1.898 |
a. Predictors:
(Constant), SUM_X3= Loyalitas, SUM_X2=Citra Merek, SUM_X1=Kualitas Pelayanan |
|||||
b. Dependent
Variable: SUM_Y = Kepuasan Konsumen |
Dari
tabel tersebut diketahui bahwa uji statistik yang diperoleh yaitu :
DW = 1.898
dL = 1,295
dU = 1,653
(4-dL) = 4-1,295 = 2,705
(4-dU)
= 4-1,652 = 2,347
Interpretasi Analisis Uji Autokorelasi:
Dari
hasil perhitungan diatas diketahui bahwa nilai Durbin-Watson sebesar 1,898
terletak diantara dU dan (4-dU) yaitu sebesar 1,653 dan 2,347 ( dU < DW <
4-dU ) maka dapat disimpulkan bahwa dari model regresi yang digunakan dalam
penelitian ini bebas dari gangguan autokorelasi jadi uji asumsi ini terpenuhi
dan hipotesis nol diterima.
·
Uji Heterokedastisitas
Coefficientsa |
||||||
Model |
Unstandardized Coefficients |
Standardized Coefficients |
t |
Sig. |
||
B |
Std. Error |
Beta |
||||
1 |
(Constant) |
-2.032 |
2.125 |
|
-.956 |
.346 |
SUM_X1=
Kualitas Pelayanan |
-.030 |
.093 |
-.105 |
-.318 |
.753 |
|
SUM_X2=
Citra Merek |
.173 |
.074 |
.589 |
2.336 |
.026 |
|
SUM_X3=
Loyalitas |
-.101 |
.117 |
-.292 |
-.863 |
.394 |
a. Dependent Variable: Abs_ut
Interpretasi Analisis Uji
Heterokedastisitas :
Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa nilai
signifikansi untuk variabel Kualitas Pelayanan adalah sebesar 0,753, pada
variabel Citra Merek sebesar 0,026, dan pada variabel Loyalitas sebesar 0,394.
Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05, maka dapat
disimpulkan bahwa pada model regresi yang digunakan dalam penelitian ini tidak
ada masalah heteroskedastisitas atau dengan kata lain bebas heterokedastisitas.
·
Uji Multikolinearitas
Coefficientsa |
||||||
Model |
Unstandardized Coefficients |
Standardized Coefficients |
t |
Sig. |
||
B |
Std. Error |
Beta |
||||
1 |
(Constant) |
-1.873 |
3.150 |
|
-.594 |
.556 |
SUM_X1=
Kualitas Pelayanan |
.397 |
.139 |
.361 |
2.862 |
.007 |
|
SUM_X2=
Citra Merek |
.233 |
.110 |
.203 |
2.119 |
.042 |
|
SUM_X3=
Loyalitas |
.590 |
.173 |
.439 |
3.414 |
.002 |
Coefficientsa |
|||
Model |
Collinearity Statistics |
||
Tolerance |
VIF |
||
1 |
(Constant) |
|
|
SUM_X1=
Kualitas Pelayanan |
.242 |
4.131 |
|
SUM_X2=
Citra Merek |
.418 |
2.394 |
|
SUM_X3=
Loyalitas |
.233 |
4.299 |
a. Dependent Variable: SUM_Y= Kepuasan Konsumen
Interpretasi Analisis Uji
Multikolinearitas :
Berdasarkan
hasil uji Variance Inflation Factor (VIF) pada tabel diatas, tabel cofficients,
masing-masing variabel independen
memiliki VIF ≤ 10 yaitu untuk variabel Kualitas Pelayanan adalah sebesar 4,131,
variabel Citra Merek sebesar 2,394, dan untuk variabel Loyalitas sebesar 4,299.
Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi multikolinearitas sehingga
dapat digunakan dalam penelitian ini.
·
Uji Korelasi
Correlations |
|||||
|
SUM_Y |
SUM_X1 |
SUM_X2 |
SUM_X3 |
|
SUM_Y=
Kepuasan Konsumen |
Pearson Correlation |
1 |
.887** |
.792** |
.900** |
Sig.
(2-tailed) |
|
.000 |
.000 |
.000 |
|
N |
36 |
36 |
36 |
36 |
|
SUM_X1=
Kualitas Pelayanan |
Pearson
Correlation |
.887** |
1 |
.729** |
.860** |
Sig.
(2-tailed) |
.000 |
|
.000 |
.000 |
|
N |
36 |
36 |
36 |
36 |
|
SUM_X2=
Citra Merek |
Pearson Correlation |
.792** |
.729** |
1 |
.742** |
Sig.
(2-tailed) |
.000 |
.000 |
|
.000 |
|
N |
36 |
36 |
36 |
36 |
|
SUM_X3=
Loyalitas |
Pearson
Correlation |
.900** |
.860** |
.742** |
1 |
Sig.
(2-tailed) |
.000 |
.000 |
.000 |
|
|
N |
36 |
36 |
36 |
36 |
**. Correlation is significant at the 0.01 level (2-tailed).
Interpretasi
Analisis Uji Korelasi:
Dari tabel output di atas diketahui :
- Hubungan
antara Kualitas Pelayanan (SUM_X1) dengan Kepuasan Konsumen (SUM_Y) memiliki
nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya terdapat korelasi yang
signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.
- Hubungan
antara Citra Merek (SUM_X2) dengan Kepuasan Konsumen (SUM_Y) memiliki nilai
Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya terdapat korelasi yang
signifikan antara variabel Citra Merek dan Kepuasan Konsumen.
- Hubungan
antara Loyalitas (SUM_X3) dengan Kepuasan Konsumen (SUM_Y) memiliki nilai Sig.
(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya terdapat korelasi yang signifikan
antara variabel Loyalitas dan Kepuasan Konsumen.
Terimakasih. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. :)
ConversionConversion EmoticonEmoticon